Pertanyaan yang Sering Ditanyakan/ Frequently Asked Question (FAQ) Aplikasi

Selamat menggunakan aplikasi Masjidku. Berikut ini adalah berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh user. Kami membagi daftar pertanyaan ini menjadi dua bagian: pertama untuk user umum dan kedua adalah untuk user yang merupakan admin masjid. Dengan memahami daftar pertanyaan sekaligus jawaban ini, maka akan mendukung kenyamanan Anda dalam menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Masjidku bertujuan sebagai media informasi bagi muslim dan muslimin, pertukaran ide dan pemikiran, serta media untuk meningkatkan kemakmuran masjid dan ukhuwah Islamiyah.

Aplikasi ini terdaftar bagi masjid baik masjid negara, masjid nasional, masjid raya, masjid agung, masjid jamik, masjid bersejarah atau jenis masjid lainnya serta termasuk adalah mushola.

Pada dasarnya, kami membagi keanggotaan menjadi dua yakni keanggotaan reguler dan keanggotaan premium. Perbedaan utama di antara kedua keanggotaan tersebut adalah bahwa keanggotaan premium bisa melakukan aktivitas crowdfunding melalui aplikasi Masjidku.

Kami mensyaratkan bahwa masjid atau mushola yang ingin menjadi anggota premium adalah masjid atau mushola yang telah berbentuk badan hukum yayasan. Dengan demikian masjid atau mushola tersebut memiliki rekening yayasan. Keberadaan rekening yayasan ini penting untuk menunjang transparansi dan akuntabilitas crowdfunding yang dilakukan.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan bagi pengelolaan masjid:

Persyaratan Reguler Premium
Formulir keanggotaan yang terisi dengan lengkap Yes Yes
Fotokopi pengurus masjid Yes Yes
Fotokopi akte pendirian masjid/ mushola Yes Yes
Fotokopi akte pendirian yayasan - Yes
Fotokopi SIUP - Yes
Fotokopi TDP - Yes
Surat keterangan domisili yayasan - Yes
Fotokopi NPWP - Yes
Fotokopi surat keterangan terdaftar wajib pajak - Yes
Fotokopi surat pengukuhan pengusaha kena pajak - Yes
Fotokopi nomor rekening bank - Yes

Untuk menjadi masjid yang terdaftar di Masjidku, maka aplikasi ini terbuka untuk semua masjid yang ada di Indonesia yang memenuhi persyaratan. Yang berhak mendaftarkan masjid adalah Dewan Kemakmuran Masjid/ Dewan Pengelola Masjid/ Dewan Takmir Masjid/ atau sebutan lain yang mengacu pada pengelola masjid.

  • mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang jelas dan lengkap
  • menyetujui syarat dan ketentuan Masjidku. Syarat dan ketentuan ini berisi tentang penjelasan tentang fitur dan aspek tata kelola fitur tersebut

Aplikasi Masjidku tidak memiliki toleransi terhadap masjid-masjid yang terafiliasi dengan kegiatan terorisme, makar, fanatisme, SARA dan radikalisme dalam bentuk apapun. Aplikasi Masjidku berupaya untuk mempererat ukhuwah Islamiyah serta mewujudkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.

Masjid dapan melakukan pemberitaan/ publikasi berbagai kegiatan masjid yang meliputi pengajian berkala, kegiatan peringatan hari besar Islam, kegiatan gotong royong masjid, atau kegiatan lain yang dilakukan di lingkungan masjid atau masyarakat di sekitar masjid. Hal-hal terkait dengan kegiatan masjid ini, harap mengacu ke panduan umum admin masjid Masjidku.

Pengelola masjid dapat mempublikasikan artikel melalui aplikasi Masjidku. Artikel dapat berupa opini, liputan kegiatan kegiatan, penelitian atau jenis tulisan lainnya. Informasi yang termuat adalah yang tidak berbasis pada radikalisme, makar, terorisme, penistaan agama, SARA serta sesat dan menyesatkan. Hal-hal terkait dengan artikel ini, harap mengacu ke panduan umum admin masjid Masjidku.

Admin masjid dapat melakukan penggalangan pendanaan dari infaq dan shodaqoh melalui aplikasi ini melalui fitur crowdfunding. Donatur dan admin masjid akan terhubung langsung. Pengelolaan pendanaan ini harus dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga kemanfaatan dan keberkahannya bisa lebih besar. Hal-hal terkait dengan crowdfunding masjid ini, harap mengacu ke panduan umum admin masjid Masjidku.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan untuk menghubungi kami melalui komunikasi e-mail di:

info@masjidku.id

Kami akan memberikan respon dalam waktu 1 x 24 jam sejak e-mail tersebut kami terima. Terima kasih atas kepercayaan Anda dalam menggunakan layanan kami.

Ya benar, aplikasi dan seluruh servis dalam aplikasi Masjidku ini adalah gratis/ tidak berbayar. Anda bisa mengunduh aplikasi kami secara gratis di Google PlayStore dan Apps Store.

Berikut ini adalah fitur dari aplikasi Masjidku:

Fitur Penjelasan
Masjid favorit Anda bisa memilih masjid favorit. Dengan memilih masjid favorit, maka Anda akan mendapatkan update akan:
  • kegiatan masjid
  • kesempatan donasi masjid
  • dan informasi terkait masjid lainnya
Jadwal sholat Masjidku akan mengirimkan pengingat atau reminder akan waktu sholat 5 waktu. Dengan demikian, Anda akan selalu update akan jadwal sholat dimanapun Anda berada.
Kiblat Kiblat adalah fitur untuk menunjukkan Anda arah kiblat, berfungsi dimanapun sebagai panduan untuk menuntun Anda ke arah sholat yang tepat.
Donasi masjid (crowdfunding) Fitur ini memberikan kesempatan kepada Anda untuk memberikan donasi infaq dan shodaqoh kepada masjid yang Anda inginkan. Beberapa masjid mungkin akan mengumumkan kebutuhan pendanaan melalui aplikasi Masjidku, dimana semua orang yang berminat bisa berpartisipasi.

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan aplikasi ini termasuk juga jangkauan dan kualitas fitur yang ada di dalamnya. Kami terbuka terhadap saran dan masukan yang membangun terkait dengan ini dari Anda semua.

Fitur ini merupakan bentuk crowdfunding masjid yang ada di Indonesia dan merupakan crowdfunding masjid pertama yang ada di Indonesia. Sebagai upaya untuk memakmurkan masjid melalui berbagai pelaksanaan program baik fisik maupun non fisik di masjid tersebut, maka dalam operasionalnya membutuhkan pendanaan. Kami mencoba untuk menjembatani antara kebutuhan pendanaan masjid tersebut dengan Anda semua hamba Allah yang sekiranya memiliki kemauan dalam memberikan infaq dan shodaqoh terhadap masjid yang bersangkutan.

Anda bisa memberikan donasi infaq dan shodaqoh kepada masjid yang Anda inginkan. Adapun sifat donasi ini adalah:

  • besarnya donasi yang diberikan adalah sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan Anda
  • informasi terkait dengan kebutuhan pendanaan masjid akan diinfokan oleh masjid yang bersangkutan melalui aplikasi ini. Anda bisa menyesuaikan infaq dan shodaqoh dengan kebutuhan masjid yang bersangkutan
  • Namun, Anda juga dapat memberikan infaq dan shodaqoh walaupun masjid yang Anda maksud tidak mempublikasikan kebutuhan pendanaan
  • Semua infaq dan shodaqoh yang terkumpul akan digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran masjid yang bersangkutan. Pengurus masjid akan memberikan update terkait dengan penggunaan dana yang terkumpul melalui aplikasi ini
  • Semua infaq dan shodaqoh yang Anda berikan akan langsung disampikan/ dikirimkan ke masjid yang bersangkutan. Masjidku tidak memotong infaq & shodaqoh yang Anda berikan dan tidak mengambil keuntungan komersial dari hal tersebut
  • Masjidku mendukung pengurus masjid untuk terus meningkatkan transparansi penggunaan pendanaan yang terkumpul melalui skema pelaporan yang up-to-date dengan penggunaan pendanaan tersebut

Selama ini memang betul bahwa pengumpulan infaq dan shodaqoh masjid juga dijalankan oleh dewan pengurus masjid. Masjidku memberikan sentuhan nilai tambah berupa pemanfaatan teknologi. Fitur di dalam aplikasi ini akan memungkinkan semua orang dari berbagai penjuru dunia untuk ikut melihat kesempatan infaq dan shodaqoh di masjid-masjid yang memang sedang membutuhkan.

Kami juga mendorong adanya transparansi dari pengelola masjid yang mendapatkan donasi untuk secara terbuka dan transparan melaporkan penggunaan dana donasi dengan memberikan update/ berita laporan melalui aplikasi ini.

Anda bisa memilih salah satu dari dua metode ini:

  • transfer langsung ke pihak pengelola masjid
  • transfer melalui rekening virtual payment gateway masjidku. Yang mana uang donasi akan dikirimkan ke rekening pihak pengelola masjid saat itu juga

Dengan metode kedua, kami akan lebih mampu untuk mengontrol efektivitas penggalangan donasi melalui aplikasi ini. Yang mana hal ini akan menjadi masukan untuk peningkatan kualitas aplikasi ini. Seluruh uang donasi akan diserahkan kepada pihak pengelola masjid. Kami tidak memotong apapun serta tidak meminta pembayaran fee atas pengumpulan donasi ini.

Kami mendorong pihak pengelola masjid untuk senantiasa melakukan pemutakhiran berita dan jadwal kegiatan di masjid sebagai salah satu upaya untuk memakmurkan masjid. Anda bisa ikut di dalamnya dengan menjadi peserta kegiatan-kegiatan masjid ini entah berupa acara pengajian, acara perayaan hari besar, gotong royong atau lainnya.

Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan di masjid apapun yang ada di aplikasi ini dengan cara mendaftar ke kegiatan melalui fitur daftar. Dengan melakukan pendaftaran, maka Anda dan Masjidku akan membantu masjid yang bersangkutan untuk dapat mengetahui berapa pemenuhan kapasitas acara dak kebutuhan akan sumber daya dan logistik acara yang dibutuhkan.

Apabila kegiatan masjid yang Anda daftar dan ikuti dibatalkan, maka akan ada pemberitahuan yang diberikan oleh masjid yang bersangkutan melalui aplikasi ini. Pemberitahuan serupa akan dilakukan apabila ada perubahan kegiatan misalnya terkait dengan waktu, tempat, susunan acara dan lainnya.

Anda bisa memberikan masukan dan/ atau kritik yang membangun untuk peningkatan layanan aplikasi ini melalui aplikasi kami. Anda cukup mengisi data di bagian ‘feedback’. Kami akan sangat mengapresiasi setiap masukan dan/ atau kritik dari Anda. Anda juga bisa memberikan rating penilaian atas aplikasi ini di Google PlayStore dan/ atau Apps Store. Penilaian ini akan menjadi salah satu basis bagi kami untuk peningkatan kualitas secara berkelanjutan, hanya untuk Anda.