Artikel

Makna Sebuah Database bagi Pengurus Masjid

  • Admin
  • September 24, 2017, Pukul 06:44
  • Masjid Ikhwanul Mukminin

DATABASE sudah menjadi kebutuhan dalam suatu organisasi. Tidak bisa dipungkiri, mereka yang memiliki database yang lengkap sangat membantu dalam membuat program kerja. Dengan demikian tujuan organisasi dengan mudah bisa dicapai.

Namun untuk memperoleh database yang benar dan akurat tidaklah mudah. Mulai dari aplikasi yang dimiliki, penghimpunan data, membuat program yang terencana dengan database yang dimiliki harus perlu kerja keras dan sungguh-sungguh. Akan banyak masalah dan hambatan yang dilalui.

Lembaga Masjid Ikhwanul Mukminin, Jalan Sungai Raya Dalam, Kota Pontianak, Kalbar mencoba mengelola jamaahnya dengan memanfaatkan database. Program dibuat dengan aplikasi web sehingga membantu pengurus. Upload data bisa dilakukan dimana saja asal ada jaringan internet. Bisa memanfaatkan computer, telepon maupun tabulet. Semua data yang diinput tersimpan dalam sebuah server.

Database Masjid Ikhwanul Mukminin secara garis besar berisikan profil jamaah, aktivitas masjid yang diikuti dan kemampuan dalam membaca Al-Quran.

Profil pribadi mencakup nama, alamat, golongan darah, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, penghasilan dan nomor handphone. Profil pribadi juga mencakup istri dan anak-anak.

Untuk aktivitas masjid yang diikuti berisikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan jamaah di Masjid Ikhwanul Mukminin. Mencakup shalat berjamaah lima waktu, pengajian, pembayaran zakat, penerima zakat, peringatan maulid nabi, peringatan isra mikrad, gotong royong dan partisipasi dalam qurban.

Sedangkan kemampuan membaca Al-Quran meliputi Katagori Hafiz/Qori. Mereka yang masuk dalam katagori ini hafal Al-Quran dan membaca dengan baik dan benar. Kemudian Katagori Mampu, mereka yang fasih membaca Al-Quran secara baik dan benar. Ada juga Katagori Sedang, yakni mereka yang bisa membaca Al-Quran namun masih belum lancar atau terbata-bata. Katagori Kurang, ini katagori yang paling rendah. Mereka yang tidak bisa membaca Al-Quran sama sekali.

Isian database terakhir adalah kolom saran dan kritik. Jamaah bisa menyampaikan aspirasinya soal perbaikan dan harapan pengelolaan masjid kedepan agar lebih baik lagi. Kolom ini merupakan timbal balik dari program-program yang sudah dibuat sebelumnya. Sekaligus sebagai bahan evaluasi agar pengelolaan masjid lebih baik lagi.

Mesin Pencari

Setelah isian formulir jamaah diupload dalam database, tinggal bagaimana memanfaatkannya. Untuk memudahkan pengelolaan data, dibuat mesin pencari; meliputi Golongan Darah, Penghasilan, Aktivitas Masjid, Baca Al-Quran, Kepala Keluarga dan Kritik & Saran.

Pencarian golongan darah dibutuhkan sebagai bank darah berjalan. Semua golongan darah jamaah sudah ada di sini. Jika suatu saat ada anggota jamaah yang sakit dan membutuhkan golongan darah tertentu, cukup membuka database. Tinggal cari golongan darah yang diinginkan, klik saja, maka jamaah dengan golongan darah AB akan muncul. Lengkap dengan alamat dan nomor telepon. Tinggal hubungi yang bersangkutan.

Bisa juga melalui Aplikasi SMS Center. Database ini juga sekaligus sebagai SMS Center Masjid. Cukup satu kali kirim SMS dalam tamplet yang sudah tersedia, semua yang bergolong darah AB akan menerima ajakan untuk berdonor darah.

Jika program ini berjalan, masjid nantinya menjadi rujukan untuk mencari golongan darah berjalan. Keluarga jamaah yang sakit tidak perlu bolak balik mencari persediaan darah di PMI terdekat. Cukup datang ke masjid, print database golongan darah yang dibutuhkan. Tinggal kontak nomor yang tertera atau hubungi alamat yang tertera.

Saat pengisian formulir, ada pertanyaan soal penghasilan. Ini sedikit masalah privasi. Tak heran, tak semua jamaah mengisi dengan leluasa. Kembali bertanya untuk apa isian penghasilan ini? Sebenarnya isian ini sangat membantu untuk penyaluran zakat, infaq, sadaqah dan kegiatan sosial lain. Jamaah dengan penghasilan dibawah Rp1.500.000, misalnya, kita anggap sebagai golongan yang kurang mampu. Gaji dibawah Rp1.500.000 dibawah UMR Kota Pontianak. Tentu mereka yang berhasilan UMR ini hidupnya pas-pasan.

Saat kita mengklik penghasilan dibawah Rp1.500.000 maka akan muncul daftar nama-nama yang lengkap dengan alamatnya. Mereka inilah saat pembagian zakat fitrah, daging kurban dan pemberian sosial lain dari dermawan mendapatkan prioritas untuk menerimanya.

Bagaimana dengan mereka yang penghasilan diatas Rp5.000.000. Jamaah katagori mampu ini menjadi database berharga saat pengurus masjid ingin membuat program pemberdayaan umat, kegiatan sosial atau perbaikan masjid. Mereka bisa memberikan sedikit kelebihan penghasilan untuk perbaikan masjid atau menyumbang kegiatan sosial.

Pemilahan Kemampuan Baca Al-quran juga ada dalam mesin pencarian. Dibagi sesuai kelompoknya. Ada Katagori Hafiz/qori, Katagori Mampu, Katagori Sedang dan Katagori Kurang. Pembagian katagori ini mudahkan dalam pelatihan. Mereka yang telah hafiz dan qori bisa dijadikan untuk melatih mereka yang katagori sedang dan kurang. Program khusus tentu akan dibuat jika masih ditemukan jamaah yang belum bisa membaca Al-Quran.

Terkadang ada jamaah yang merasa minder saat belajar membaca Al-Quran karena kemampuannnya dibawah rata-rata jamaah yang lain. Namun dengan pembuatan kelompok ini tentu masalah tadi bisa diatasi. Mereka belajar sesuai dengan kelompok kemampuannya dalam membaca Al-Quran.

Keberhasilan program ini dapat dilihat dari evaluasi yang dilakukan setahun kemudian. Pengurus bisa melihat apakah ada peningkatan jumlah peserta yang Katagori Hafiz/Qori dan Katagori Mampu. Jika kedua kelompok ini mengalami kenaikan, maka pembelajaran membaca Al-Quran berdasarkan kelompok tadi berhasil.

Tak kalah penting dalam database ini adalah status kepala keluarga. Status ini sangat menentukan apakah status kepala keluarga itu pria atau perempuan. Saat status kepala rumah tangga itu perempuan maka dia adalah seorang janda. Jadi kalau ada program bantuan untuk perempuan janda, maka pengurus masjid dengan mudah mendapatkan alamat dan nomor teleponnya.

SMS Center

Database Masjid Ikhwanul Mukminin juga dilengkapi SMS Center. Ini memungkinkan karena database yang dipakai berbasis web. SMS Center dibuat dengan platform yang menyediakan mekanisme untuk mengirim dan menerima SMS dari peralatan mobile melalui SMSC (Short Message Service Center).

SMSC merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS. Jadi, ketika seseorang mengirimkan sebuah pesan SMS melalui ponselnya, SMSC bertugas mengirimkan pesan tersebut ke nomor tujuan. Kita dapat memanfaatkan mekanisme tersebut untuk mengirim SMS melalui komputer, salah satunya yaitu melalui aplikasi berbasis web.

Aplikasi SMS Center atau dikenal SMS Gateway biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran konten produk/jasa dan lain-lain. Karena relatif lebih mudah untuk diimplementasikan, SMS Gateway dengan menggunakan ponsel GSM/CDMA modem cukup berkembang dan banyak digunakan.

SMS Center ini memungkinkan pengurus masjid dengan mudah mengelola pengiriman SMS ke banyak dan juga menerima SMS dari banyak nomor jamaah, berjalan dua arah, kirim dan terima. Seperti digunakan untuk SMS center layanan masyarakat oleh perusahaan atau instansi pemerintah.
Pengurus masjid bisa menyampaikan informasi ke semua jamaah dalam satu kali klik saja. Mengirim SMS motivasi kepada jamaah untuk berbuat kebaikan, mengirim informasi dalam satu group juga bisa dilakukan sebagai pusat akses informasi (SMS autoreplay atau autorespon).

Sejalan perkembangan masjid dan kebutuhan jamaah, database masjid berbasis web sudah menjadi kebutuhan. Era teknologi informasi yang berkembang begitu cepat memungkinkan program ini dapat diaplikasikan dengan mudah. Apalagi masjid-masjid saat ini sudah dilengkapi fasilitas internet, wifi, situs dan tenaga pendukung.

Namun demikian, sebagus apapun aplikasi dan database yang dimiliki namun tidak dilaksanakan seraca sungguh-sungguh, tentu hasil yang akan dicapai tidak maksimal. Luruskan niat untuk kebaikan jamaah, Insyaallah hasil yang akan dicapai akan memuaskan. Semoga Manfaat

Artikel Terbaru

Tadarus Bulan Romadhon

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ السَّلاَم...

Lelang Infaq Masjid ash Shaff (Pemasangan Canopy)

Dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas dan kenyamanan jamaah Masjid Ash Shaff, DKM akan memasang ...

Kajian Rutin Bedah Buku 37 Masalah Populer karya Ust. Abdul Somad

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.. Ikuti Kajian berseri Bedah Buku 37 Masalah Populer k...

Kajian Fiqh Zakat

Kajian Fiqh Zakat Ahad 18 mar 2018 Masjid Al madinah Mutiara bogor raya katulampa bogor timur Ol...

Pelaksanaan Sholat Gerhana Bulan

Assalamu'alaikum WrWb. Kami dari Panitia Sholat Gerhana mengundang kepada kaum muslimin dan mus...