Artikel

Rembuk Jamaah Subuh Hari

  • Admin
  • September 17, 2017, Pukul 01:48
  • Masjid Ikhwanul Mukminin

SHALAT Subuh berjamaah sudah menjadi hal rutin bagi jamaah Masjid Ikhwanul Mukminin, Jalan Sungai Raya Dalam, Pontianak, Kalbar. Namun tidak pada subuh minggu. Ada program khusus yang dibuat pengurus masjid untuk jamaah. Mereka bisa menikmati minuman hangat seperti teh dan kopi. Ada pula makanan untuk sarapan pagi.

Program ini membuat jamaah usai shalat subuh tidak langsung pulang. Mereka istirahat sejenak menikmati teh atau kopi panas. Tentu tidak berdiri. Duduk lesehan sambil menikmati menu sarapan pagi. Asyiknya mereka bisa menikmati sajian video ceramah Islam yang lagi popoler dari jaringan media sosial. Bisa mendengarkan ceramah Ustad Somad dari Riau, Ustad Syech Ali Jaber dan banyak lagi ustad-ustad lain yang bisa disimak ceramahnya. Maklum saja masjid ini sudah dilengkapi jaringan internet dan wifi.

Kumpulnya para jamaah ini tentu tidak hanya menjadi pepesan kosong saja. Banyak hal bisa didiskusikan. Berbagai program yang dibuat dilakukan evaluasi. Ada yang masih kurang diperbaiki. Yang belum terlaksana dimatangkan. Sepenuhnya untuk kenyamaan jamaah.

Ketua Lembaga Masjid Ikhwanul Mukminin H.A Effendi Lubis SE menjelaskan rembuk subuh hari ini memang keinginan para jamaah. Memberikan waktu kepada sesama jamaah untuk bisa saling mengobrol dan diskusi. Bisa banyak hal dibicarakan.

“Dalam seminggu itu banyak sekali surat-surat yang masuk. Rembuk subuh ini kita membahasnya. Ada yang menawarkan kerjasama. Ada yang ingin pinjam lokasi untuk kegiatan. Banyak hal-hal positif lainnya,” kata Lubis. Semua itu kita dukung selama kepentingannya untuk jamaah.

Seperti Minggu (17/9) ini, Lubis mengingatkan para jamaah untuk mengisi formulir yang sudah dibagikan. Formulir itu digunakan sebagai isian database jamaah. Database berbasis web ini memudahkan pengurus dalam menyusun program sekaligus mengajak jamaah untuk terlibat di dalamnya.

Rembuk subuh hari ini juga diharapkan Lubis bisa memotivasi para jamaah untuk shalat subuh berjamaah lebih banyak lagi. Saat ini sekitar 150-200 jamaah yang shalat subuh. Jika program ini lancar paling tidak bisa menambah jamaah hingga 300 orang. Karena itu ceramah yang disajikan lebih fokus ajakan untuk memotivasi shalat subuh. **

Artikel Terbaru

UNDANGAN MABIT

UNDANGAN MABIT QIYAMULLAIL Kepada Yth, Seluruh Dewan Pembina, Dewan Pengawas, dan Dewan Pengur...

Inspirasi Masjid Agung Ummayyah

MIHRAB dibuat setengah lingkaran. Dindingnya dari bahan Glassfibre Reinforced Concrete(GRC) dengan r...

MASJID IKHWANUL MUKMININ; Icon Peradaban Islam di Serdam

BANGUNAN Masjid Ikhwanul Mukminin berdiri megah di pinggir Sungai Raya. Dengan kubah warna hijau tua...

MARHABAN YAA RAMADHAN

Bismillaahirrahmaanirrahiim Assalamu’alaikum Wr. Wb. Puji dan syukur senantiasa kita pan...